KIMMESEM- Hari Selasa (19/11) merupakan hari yang ditunggu-tunggu sekaligus menegangkan bagi kader PKK dan Kampung KB Kelurahan Medokan Semampir, Kecamatan Sukolilo. Karena Tim Penilai Lomba Kesatuan Gerak PKK KKBPK Kesehatan Kota Surabaya melakukan penjurian lapangan di kampung ini.

Kelurahan Medokan Semampir, masuk tiga besar penilaian Kesatuan Gerak PKK KKBPK Kesehatan bersama dua kelurahan lainnya yaitu Kelurahan Jepara Kecamatan Bubutan dan Kelurahan Sawunggaling Kecamatan Wonokromo.

Tim juri yang terdiri dari DP5A, Dinas Kesehatan dan TP PKK Kota Surabaya disambut oleh Camat Sukolilo, Lurah Medokan Semampir, Kepala Puskesmas Keputih, Ketua TP PKK Kecamatan Sukolilo dan Ketua TP PKK Kelurahan Medokan Semampir.

Dalam sambutannya, Camat Sukolilo, Amalia Kurniawati mengatakan bahwa kampung Medokan Semampir merupakan kampung yang kaya akan potensi, baik potensi SDM maupun lingkungan. “ Di tangan para kader PKK dan Kampung KB inilah, kampung yang dulunya ini menjadi pembuangan sampah sekarang menjadi kampung wisata,” terangnya.

Hal senada juga disampaikan Ketua TP PKK Kelurahan Medokan Semampir, Tina Herlina, bahwa kader PKK dan Kampung KB mempunyai peranan besar dalam pengembangan dan kemajuan kampung. Berbagai prestasi dan potensi pun telah diraih dan dibuat oleh para kader. “  Di kampung ini ada kampung wisata lingkungan, ada inovasi pengolahan limbah jelantah, daur ulang limbah plastik dan pemberdayaan umkm,” jelasnya.

Dalam penjurian tersebut, tim juri tak hanya memeriksa berbagai buku administrasi dan dokumentasi kegiatan, Tim juri juga berkunjung ke kampung wisata yang ada di gang RT 02 dan RT 03 RW 02.

Setelah melakukan penilaian, Tim Juri yang diwakili Ketua TP PKK Kota Surabaya, Siti Nuriyah Zamzam Sigit Sugiharsono memberikan evaluasi kepada para kader untuk memperbaiki buku administrasi dan dokumentasi secara aktif. “ Saya tahu bahwa kegiatan ibu-ibu kader disini sangat banyak, namun sayangnya masih ada kegiatan yang terlewatkan untuk didokumentasikan,” terangnya.

Selain memberikan evaluasi, dirinya juga mengapresiasi peran dan fungsi para kader yang mampu mengubah kampung yang sebelumnya biasa kini  menjadi kampung wisata. 

Dikesempatan yang sama, TP PKK Kota Surabaya juga memberikan bantuan kepada lansia miskin dan ibu hamil. Selain itu, juga bantuan berupa APE kepada PPT PAUD yang diterima oleh Ketua TP. PKK Kelurahan Medokan Semampir. (fud)