Laporan Desy Noor : Redaksi Kimmesem dari Malaysia

Suatu kesempatan yang luar biasa bagi saya selaku anggota Kelompok Informasi Masyarakat Medokan Semampir (KIM MESEM) bisa berkunjung ke luar negeri, terlebih kunjungan ini merupakan undangan dari Kementrian Kominfo RI karena prestasi.

Iya, KIMMESEM merupakan salah satu KIM yang dinilai berprestasi salah satunya sebagai Juara pada Lomba Cerdik Cermat Komunikatif (LCCK) KIM Tingkat Propinsi Jawa Timur beberapa waktu lalu.


Program lawatan ke negara Malaysia ini diikuti oleh 4 delegasi atau perwakilan KIM antara lain KIM Mesem Surabaya, KIM Garut Jawa Barat, KIM Sabang Aceh dan KIM Mataram NTB.

Kunjungan yang dijadwalkan mulai 25 - 30 Nopember 2019 ini juga diikuti Kepala Dinas Komunikasi Informasi, Statistik dan Persandian Propinsi Sulawesi Selatan dan  Aceh serta Dirjen Informasi dan Komunikasi Publik Kementrian Kominfo RI, Prof. DR.Widodo Muktiyo.

Sehari sebelum keberangakatan ke Malaysia, saya dan para delegasi lainnya diberikan pengarahan sekaligus pembekalan yang disampaikan oleh Drs. Selammata Sembiring, M.Si selaku Direktur Tata Kelola Dan Kemitraan Komunikasi Publik Kementrian Kominfo RI.

Dalam sesi pembekalan beliau menyatakan bahwa tujuan dari program ini adalah sebagai bagian dari upaya menjalin komunikasi dan penguatan kemitraan  dengan negara Malaysia, dimana pada saat yang lalu juga pernah melakukan kunjungan ke wilayah Aceh.

Disaat yang sama juga dilakukan perkenalan masing-masing delegasi KIM dan juga mempromosikan potensi lokal serta peran KIM di masing masing wilayah yang dimoderatori oleh Bapak Andi Hasbullah, Kepala Dinas Komunikasi, Informasi, Statistik dan Persandian Propinsi Sulawesi Selatan.

Diharapkan dengan adanya program pertukaran kunjungan perwakilan KIM dapat memberikan manfaat bagi kedua belah pihak. (bersambung)