Kepala Dinas Sosial Kota Surabaya, Drs. Supomo, MM menyerahkan hadiah
kepada Machfudz (Ketua Karang Taruna Kel.Medokan Semampir)

KIMMESEM - Setelah melalui babak presentasi dan penilaian lapangan yang cukup ketat, Karang Taruna Bhakti Pertiwi Kelurahan Medokan Semampir, Kecamatan Sukolilo akhirnya berhasil meraih point tertinggi dalam  Lomba Karang Taruna Berprestasi Tingkat Kota Surabaya Tahun 2019 pada 

Lomba yang diselenggarakan oleh Dinas Sosial Kota Surabaya ini diikuti oleh 11 Karang Taruna perwakilan dari Kecamatan se Kota Surabaya. Adapun babak pertama dalam lomba ini adalah seleksi administrasi dan presentasi dari para peserta yang diwakili 5 (lima) orang masing-masing Karang Taruna. 

Dari babak pertama, Tim Juri yang terdiri dari Forum Pengurus Karang Taruna (FPKT) Propinsi Jawa Timur, Dinas Sosial dan Karang Taruna Kota Surabaya ini akhirnya mengambil 6 (enam) besar Karang Taruna yang lolos mengikuti penilaian lapangan. Diantaranya, Karang Taruna Kelurahan Dupak, Karang Taruna Kelurahan Genting Kalianak, Karang Taruna Kelurahan Banjar Sugihan, Karang Taruna Kelurahan Kebonsari, Karang Taruna Kelurahan Jagir dan Karang Taruna Kelurahan Medokan Semampir. 

Fachrudin, salah satu Tim Juri mengatakan bahwa dalam penilaian lapangan ini, peserta diharapkan mampu untuk menunjukkan dan membuktikan segala kegiatan, potensi dan inovasi yang dimiliki. "Jadi kalau saat babak presentasi menyampaikan ada usaha ekonomi produktif (UEP), maka di penilaian lapangan ini kami ingin tahu bukti real nya," terangnya.

Sementara, Machfudz Hidayat, Ketua Karang Taruna Bhakti Pertiwi Kelurahan Medokan Semampir mengaku mempersiapkan lomba ini sudah sebulan lamanya. Dirinya bersama anggota karang taruna rutin mengadakan rapat koordinasi untuk mematangkan segala persiapan yang menjadi penilaian.      " Alhamdulillah, karena kegiatan kami di beberapa bidang sudah jalan, maka kami tinggal membenahi dan melengkapi sedikit," terangnya.

Machfudz juga menambahkan, bahwa karang taruna yang diketuainya memiliki inovasi klinik internet sehat, dimana klinik ini melayani pemblokiran situs dewasa bagi anak serta deteksi berita hoax. Tak hanya itu, dibidang UEP dirinya juga berhasil mengangkat dan mempromosikan kampung wisata lingkungan di wilayahnya hingga kini banyak dikunjungi oleh wisatawan dan tamu pemerintahan. " Kami juga memiliki rumah data yang memuat segala data demografi maupun monografi yang ada di wilayah Kelurahan Medokan Semampir," tambahnya.

Dalam pengumuman pemenang lomba pada Kamis, 24/10/2019 di aula kantor Dinas Sosial Kota Surabaya, Karang Taruna Medokan Semampir berhasil meraih point sebanyak 10.335 dan menyisihkan 5 karang taruna lainnya. 

Kepala Dinas Sosial Kota Surabaya didampingi, Ketua Karang Taruna Kota Surabaya dan Perwakilan Juri menyerahkan hadiah berupa piala dan uang pembinaan kepada para pemenang. " Mudah-mudahan kegiatan dan prestasi karang taruna tidak hanya berhenti disini saja. Kedepan, kami berharap karang taruna sebagai salah satu pilar sosial, dapat membantu mengatasi permasalahan sosial yang ada di kota Surabaya ini," ujar Supomo. (fud)

DAFTAR PEMENANG LOMBA KARANG TARUNA BERPRESTASI KOTA SURABAYA 2019 :

JUARA I  (10.335) Karang Taruna Bhakti Pertiwi Kel.Medokan Semampir, Kec.Sukolilo
JUARA II (10.045) Karang Taruna Sejahtera Kel. Jagir Kec.Wonokromo
JUARA III (9.333) Karang Taruna Kebonsari Kec. Jambangan

JUARA HARAPAN I (8.012) Karang Taruna Kautsar Kel.Genting Kalianak Kec. Asemrowo
JUARA HARAPAN II (7.652) Karang Taruna Banjar Sugihan Kec. Tandes
JUARA HARAPAN III (7.450) Karang Taruna Gunung Kelud Ke.Dupak Kec. Krembangan