Ajang Diskusi Sosial Hingga Dunia Digital




KIMMESEM – Dalam mengemban tugasnya sebagai kelompok informasi masyarakat, ternyata kimmesem mempunyai cara tersendiri untuk menentukan dan mengangkat isu atau tema yang sedang berkembang, salah satunya dengan mengadakan arisan. Arisan yang diadakan bukan sembarang arisan, selain diikuti oleh berbagai kalangan, mulai karang taruna, RT/RW, tokoh masyarakat, kader lingkungan hingga PKK ini juga membahas berbagai isu sosial hingga dunia digital yang sedang berkembang.
 Widayanti, koordinator arisan mengatakan jika awal mulanya arisan ini hanya diikuti oleh pengurus kimmesem, namun dalam perjalanannya banyak kalangan yang ikut bergabung. Untuk tempatnya pun bisa dimana saja, sesuai permintaan peserta yang mendapatkan kopyokan. “Bisa di lapangan, depan rumah, balai RW atau di warung kopi,” terang Yanti.
Tak hanya arisan saja, sebelum daftar nama peserta di kopyok, diskusi dengan mengangkat permasalahan sosial yang ada ditengah-tengah masyarakat pun kerap mewarnai. Mulai dari pengurusan e-KTP yang tak kunjung selesai, kenakalan remaja, hingga bagaimana mengatasi berita hoax.
“Pokoknya di arisan ini semua peserta bebas bicara apa saja, asalkan tak menyinggung SARA,” cetus Yeny Indah, pengurus arisan lainnya.
Arisan yang digelar sebulan sekali ini biasanya dijadwalkan tiap Minggu akhir bulan. Kimmesem pun mengajak kepada segenap warga dari berbagai kalangan untuk bergabung di arisan informasi dan literasi ini. (rey)