Kimmesem - Dalam rangka pencegahan penyakit menular, Pemerintah Kota Surabaya melalui Puskesmas mengadakan sosialisasi dan imunisasi bagi para modin se-Kecamatan Sukolilo pada Selasa (10/09/2019). Kegiatan yang dilaksanakan di pendopo kantor kecamatan Sukolilo ini dibuka oleh Sekretaris Camat Sukolilo, Djahuri Sugianto S.Sos.,M.Si.

Dalam sambutannya, Djahuri mengatakan jika sosialisasi ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada para modin terkait  bahaya penyakit menular yang sering ditemui para modin dalam menjalankan tugasnya. “Karena dilapangan seringkali para modin saat merawat jenazah banyak yang mempunyai luka karena sakit atau bahkan kecelakaan, nah untuk menanganinya kan butuh sop,” terangnya.

Ditempat yang sama, dr Marina dari puskesmas Menur menyampaikan, tak hanya sosialisasi, para modin juga diimunisasi dan diambil sample darahnya untuk dilakukan pemeriksaan. “ Selain untuk para modin, sosialisasi dan imunisasi juga dilakukan untuk para calon pengantin (catin) dan kelompok-kelompok masyarakat yang berisiko tertular,” terangnya.

Lebih jauh dr Marina memberikan pemahaman tentang HIV/AIDS dan cara penanganan jenazah ODHA yang tepat agar dalam menjalankan tugasnya, para modin tidak menanggung resiko terkena virus HIV ataupun penyakit menular lainnya.
“Salah satunya ketika mempunyai luka di tubuh dan tidak menggunakan alat perlindungan diri, maka akan sangat rentan tertular penyakit dari jenazah yang mengidap HIV fatau penyakit lainnya,” jelasnya.

Selain itu, fungsi modin yang juga sebagai pencatat pernikahan di wilayah setempat diharapkan dapat memberikan edukasi kepada calon pengantin agar melakukan skrinig HIV sebelum melakukan pernikahan. (fud/foto: fud)