Kimmesem- Dalam rangka memperingati Tahun Baru Islam 1441 H, Panitia Peringatan Hari Besar Islam (PHBI) Kelurahan Medokan Semampir yang diketuai oleh M.Iqbal menggelar pengajian umum dan shalawat, Sabtu (31/9/2019). Acara yang diadakan di pendopo kantor Kelurahan Medokan Semampir ini dihadiri oleh para tokoh agama, tokoh masyarakat, jamaah shalawat serta warga.

Acara yang diawali pembacaan ayat suci alquran dan istigotsah ini dilanjutkan dengan pembacaan maulid diba yang dibawakan oleh Jamiyah Al Banjary Remaja Sukolilo.

Dalam sambutannya Lurah Medokan Semampir H Supriono S.Sos.,MM mengatakan bahwa tujuan dari  peringatan 1 Muharram 1441 H ini adalah sebagai wujud refleksi rasa syukur warga Medokan Semampir. " Dan yang terpenting adalah semata-mata mengharap Ridla Allah SWT bahwa kita masih diberikan kesempatan dan umur untuk memperingati tahun baru umat islam ini," terangnya.

Dalam kesempatan yang sama, KH Warso Cholil yang didapuk memberikan ceramah agama menyampaikan bahwa peran generasi muda saat ini sangat penting. Apalagi dalam menghadapi berbagai pengaruh globalisasi dan informasi yang tidak bisa dibendung lagi. 
" Disinilah tantangan bagi para generasi muda untuk selektif dalam menerima dan menyebarkan informasi. Harus dipilah dan dipilih mana yang bermanfaat dan tidak," tuturnya.

Selain itu, lanjut Rois Syuriah MWC NU Sukolilo ini menjelaskan bahwa peringatan Tahun Baru Hijriyah ini dimulai dari Hijrah Rasulullah SAW dari Makkah ke Madinah pada tahun 622M.
"Awalnya, belum ada penanggalan tahun hijriyah saat peristiwa terjadi.
Sampai akhirnya hari di mana Nabi Muhammad SAW hijrah dari Makkah ke Madinah dijadikan patokan penanggalan Hijriyah. Dan peristiwa bersejarah ini terjadi pada tanggal 1 Muharram (menurut penanggalan hijriyah), terangnya.
Acara yang ditutup dengan doa dan ramah tamah ini berjalan dengan khidmat dan lancar. (fud/foto:antok)