Kimmesem – Sebanyak 600 siswa SMPN 30 Surabaya terlihat antusias mengikuti kegiatan sosialisasi internet sehat. Kegiatan yang diinisiasi oleh Kelompok Informasi Masyarakat Medokan Semampir (KIM MESEM) diadakan di lapangan SMPN 30 pada Jumat pagi (30/09/2019).

Ketua KIM MESEM, Machfudz menuturkan, sosialisasi internet sehat rutin diberikan kepada pelajar. Tujuannya, agar para pelajar dapat memanfaatkan internet secara positif sesuai usianya.
“Sosialisasi ini untuk menghindari hal-hal negatif dari internet. Kalau kita tidak memberikan sosialisasi, kita khawatir para siswa salah menggunakan internet untuk hal-hal yang tidak produktif,” tuturnya .

Lebih lanjut, ucap Machfudz, saat sosialisasi para pelajar diberikan berbagai informasi seputar pemanfaatan internet secara sehat dengan tagline 'Unduh Yang Sehat Unggah Yang Bermanfaat'. Di samping itu, para pelajar juga diperkenalkan dengan pelayanan Klinik Internet yang dimiliki oleh KIM MESEM.
“ Jadi selain sosialisasi, kami juga membuka peyanan klinik internet, yang melayani pemblokiran content maupun situs yang berbau pornografi dan kekerasan yang tidak sepatutnya diakses oleh siswa, “ ujarnya.

Sementara itu, Reni, guru SMPN 30 menyambut positif kegiatan tersebut. Menurutnya, kegiatan ini sangat penting diberikan kepada para siswa karena perkembangan teknologi informasi (TI) tidak hanya memiliki dampak positif, tetapi juga dampak negatif.
“Para siswa yang hadir semua rata-rata pengguna internet. Makanya kita ingin anak-anak mendapatkan edukasi internet sehat, apalagi usia mereka sangat rentan sekali dengan berbagai pengaruh,” katanya.

Dirinya berharap, kegiatan sosialisasi internet sehat tidak hanya berhenti disini, namun juga bisa dilakukan secara rutin.
“Kita harapkan kegiatan seperti ini bisa dilakukan secara berkala, agar para pelajar semakin bijak dalam memanfaatkan internet,” tandasnya. (fud/foto : wan)