Kamis, 03 Mei 2018




KIMMESEM - Kelompok Informasi Masyarakat Medokan Semampir (KIM MESEM), Kecamatan Sukolilo akhirnya maju mewakili Kota Surabaya dalam Lomba Cerdik Cermat Komunikatif (LCCK) Tingkat Propinsi Jawa Timur, Kamis 3/5/2018.
Tahapan lomba yang dimulai dengan seleksi administrasi tersebut diikuti oleh 38 KIM perwakilan dari Kabupaten/Kota se Jawa Timur yang dibagi menajdi 4 grup.  Adapun KIMMESEM sendiri berada pada grup C yang terdiri dari 10 Kab/Kota antara lain, Kabupaten Ngawi, Kota Mojokerto, Kota Malang, Kabupaten Tulungagung, Kabupaten Bangkalan, Kota Surabaya, Kabupaten Trenggalek, Kota Pasuruan, Kabupaten Gresik serta Kabupaten Bojonegoro.
Dalam sambutannya Kepala Bidang Komunikasi Publik, Ambar Sulistyorini mengatakan, peserta yang hadir untuk mengikuti seleksi Administrasi adalah orang- orang pilihan yang berkualitas mewakili daerahnya masing- masing. “Peserta yang hadir hari ini merupakan orang pilihan dari hasil seleksi kabupaten maupun kota ,” jelas Ambar.
Selain itu, seleksi Administrasi merupakan tindak lanjut dari rapat sosialisasi yang sudah dilaksanakan  pada bulan Februari 2018 lalu. Dan dihadiri oleh seluruh Pembina Kelompok Informasi Masyarakat (KIM)  seluruh kabupaten/kota di Jatim. “Jadi semua pihak baik peserta maupun pembina sudah paham apa dan bagaimana  tentang proses seleksi ini,’’ imbuhnya.

Dirinya juga mengingatkan, bahwa kegiatan LCCK tersebut bukan sekedar Lomba tapi lebih merupakan pembinaan bagi setiap peserta.  “Karena para juri akan melakukan perbaikan pada beberapa hal untuk masing-masing peserta bilamana terdapat kekurangan agar menjadi sempurna,” tambahnya.

Dalam kesempatan itu, Ambar juga menyampaikan bahwa persyaratan mengikuti LCCK adalah KIM masih aktif,  sudah teregistrasi  dalam Jatimprov.go.id., dapat menulis minmal tiga tulisan, memiliki media online medsos, dan sudah melaksanakan kampanye literasi digital.
KIMMESEM sendiri terpilih menjadi wakil dari Kota Surabaya karena di Tahun 2016 yang lalu KIMMESEM berhasil menjadi Juara I dalam LCCK tingkat Kota Surabaya. 
Dalam babak seleksi admnistrasi tersebut, KIMMESEM tampil meyakinkan dengan didampingi langsung oleh Lurah Medokan Semampir dan Camat Sukolilo. Tak hanya itu, dihadapan dewan juri, KIMMESEM juga mengusung beberapa program serta inovasi unggulan. Salah satunya, KIMMESEM berhasil membuat aplikasi berbasis Citizen Jurnalisme yang diberi nama GO-KIM guna memudahkan warga mengakses berita dan menjadi pewarta.
" Tujuan kami adalah bagaimana membuat masyarakat lebih mengenal dan merasakan fungsi KIM ini sebagai media informasinya warga, jadi dari warga, oleh warga dna untuk warga," ujar Machfudz Hidayat, Ketua KIMMESEM.(fud/foto: luh)