14 April 2018


Dinkominfo – Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini masuk dalam daftar tokoh perempuan paling dikagumi di Indonesia versi lembaga survei YouGov. Daftar tersebut disusun oleh YouGov dan merupakan bagian dari survei tokoh yang paling dikagumi secara global.
Dalam menyusun daftar ini, YouGov melakukan jajak di 35 negara dengan respoden wawancara tidak kurang dari 37.000 orang. Survei dilakukan secara 2 tahap dengan tahap pertama responden diajukan pertanyaan ‘di dunia ini, siapakah tokoh (laki-laki atau perempuan) yang anda kagumi?’. Hasil tahap pertama menghasilkan daftar sebanyak 20 tokoh laki-laki dan perempuan yang paling banyak dinominasikan sedikitnya di 4 negara dengan tambahan 10 public figure dari tiap negara
Tahap kedua dilakukan dengan menanyakan pertanyaan 'siapa yang sejatinya Anda kagumi?' dan 'siapa yang paling Anda kagumi?'. Tiap responden hanya dapat memilih satu jawaban untuk tiap pertanyaan yang kemudian hasil dari pertanyaan tersebut digabungkan hingga menjadi hasil akhir daftar tokoh yang paling dikagumi secara global maupun di masing-masing negara.
Hasil dari survey untuk Indonesia, Walikota Risma masuk dalam daftar tokoh perempuan paling dikagumi. Wali kota perempuan pertama dalam sejarah Kota Surabaya ini menduduki peringkat ke-4 dengan ‘skor kekaguman’ 7,4% setelah Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati dengan 7,9%, Agnez Mo dengan 8,9% serta  Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti dengan 13,7%.
Selain Walikota Risma, perempuan yang juga populer dan dikagumi di Indonesia antara lain seperti  Angelina Jolie, Anggun, Song Hye-kyo, Oprah Winfrey, Taylor Swift, Gal Gadot, Emma Watson, Selena Gomez, Michelle Obama, dan Aishwarya Rai.
Sementara untuk tokoh laki-laki, posisi pertama ditempati oleh Presiden RI ketiga, B.J. Habibie dengan hasil responden memilih 18,6% disusul oleh Presiden Joko Widodo (12,4%) disusul oleh mantan Gubernur Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok (8,2%) yang kemudian berurutan Zakir Naik, Jackie Chan, Bill Gates , Cristiano Ronaldo, Barack Obama, David Beckham, Jack Ma, Lionel Messi, dan Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan.
YouGov adalah sebuah komunitas dengan anggota lebih dari 4 juta orang di seluruh dunia yang saling berbagi pendapat dan pandangan. Informasi dengan topik tertentu akan dianalisa dan dipublikasikan secara rutin di situs mereka.(ynu)