17 April 2018

Dinkominfo-Pemerintah Kota Surabaya tak henti-hentinya membangun SDM warganya agar lebih mengenal budaya. Melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Dinkominfo)  Surabaya, Pemerintah Kota Surabaya mengundang para pemuda yang tergabung dari berbagai komunitas seni dalam pembinaan kelompok pertunjukan rakyat (pertura).
Bertempat di Ruang Rapat ATCS, Kantor Pemerintahan Kota Surabaya acara pembinaan kelompok pertura dibuka secara langsung oleh Ali Rakhmadi selaku Kepala Seksi Kemitraan Komunikasi Publik Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Surabaya.
Dalam sambutannya Ali menyampaikan, Harapan kedepannya dengan diadakannya Pembinaan Kelompok Kesenian ini, seni tradisi lokal Kota Surabaya tidak hanya berisi muatan hiburan, namun juga dapat menjadi media pendidikan dan pamutan untuk masyarakat melalui kesenian lokal.
Sementara itu, Sementara itu Cak Oyot, panggilan akrab Setio Adi menuturkan, melalui pertura membawa visi dan misi pemerintah kota. Ia berharap para penyaji dapat memperlihatkan esensi seni, visi dan misi kota. Komunitas-komunitas seni harus bisa menjawab tantangan. Komunitas seni harus go internasional dengan memperhatikan cara penyajian.
Dalam kesempatan tersebut Cak Oyot membawakan materi bertajuk menjaga eksistensi seni tradisi dan budaya lokal sebagai media edukasi dan informasi. Cak Oyot menjelaskan, berdasarkan pertumbuhan dan perkembangan Seni Tradisi (Ludruk) dapat diketahui bahwa pertunjukan ludruk merupakan keutuhan dari tiga genre yaitu Remo (Tari kepahlawanan), Kidung Jula-juli (Sebagai media penyampaian informasi dengan cara canda), Cerita.
Masih menurut Cak Oyot, seni pertunjukan ludruk harus meliputi 3T (Tatanan, Tuntunan, dan Tontonan) agar para penonton tak hanya terhibur namun mendapat informasi-informasi yang diberikan oleh stakeholder sesuai kebutuhan.
Lebih lanjut Cak Oyot menjelaskan, generasi muda harus mendukung penuh seluruh program pemerintah meliputi beberapa program, khususnya bidang seni dan budaya untuk bisa menghasilkan karya yang berpotensi untuk kemajuan generasi muda Surabaya dan kota Surabaya.(mia)