Senin, 30 April 2018





KIM MESEM- Puncak gelaran Vlog KIM Competiton yang diselenggarakan oleh Dinas Komunikasi dan Informatika (Dinkominfo) Kota Surabaya akhirnya berlangsung pada Senin, (30/04/2018). Acara yang dikemas dalam Awarding ini dibuka langsung oleh Kepala Dinkominfo Kota Surabaya Agus Imam Sonhaji, ST., M.MT di Gedung Wanita Surabaya. 

Dalam sambutannya, mantan Kepala Badan Perencanaan Kota (Bappeko) Surabaya ini menegaskan jika lomba vlog yang dimulai sejak awal Februari hingga akhir Maret 2018 ini bertujuan untuk mengangkat dan menunjukkan potensi wilayah yang ada di masing-masing wilayah kerja KIM. " Maka dari itu, dengan mengangkat local wisdom (kearifan lokal) diharapkan segala potensi yang selama ini belum tergali akhirnya bisa diketahui dan lebih dikembangkan lagi," terangnya.

Adapun Awarding yang diikuti oleh 14 peserta atau finalis ini memperebutkan beberapa kategori, diantaranya kategori juara vlog terfavorit, vlog dengan cerita terbaik, sinematografi dan editing terbaik serta juara I, II dan III. Untuk juri, Dinkominfo mendapuk Muhammad Fithrah Akbar ( Vlogger), Nurul Ratna Sari, S.IP., M.Comms (Akademisi) dan Mahesa (Jurnalis).

Sedangkan pada Awarding ini panitia telah membagi beberapa sesi bagi para peserta untuk tampil didepan juri. Pertama adalah sesi pemutaran vlog hasil karya KIM, pemutaran video profil dan presentasi yang dilanjutkan dengan sesi tanya jawab. 

Satu persatu vlog dari masing-masing  peserta pun diputar dan dipresentasikan secara atraktif dan menarik dihadapan ketiga dewan juri. Dan setelah melalui diskusi dan penilaian yang sengit, juri pun akhirnya memutuskan KIM yang berhasil menyabet juara. Dan satu diantara pemenang Vlog Competition yang diumumkan di akhir acara, KIM MESEM dari Kelurahan Medokan Semampir, Kecamatan Sukolilo berhasil menyabet juara kategori sebagai vlog terfavorit. 

Wawan Handoyo, selaku vlogger KIM MESEM mengatakan jika vlog  yang telah dibuat pihaknya dengan judul "Taman Harmoniku, Kebanggaanku" tersebut bertujuan untuk mengangkat potensi taman harmoni yang ada di wilayah Kecamatan Sukolilo. "Kita tahu, bahwa Taman Harmoni ini merupakan icon baru kota Surabaya. Selain menjadi taman terbesar di Surabaya, taman ini juga menjadi salah satu paru-paru kota," terangnya.

Maka dari itu, tambah Wawan, dengan adanya vlog tersebut diharapkan menjadi video educatif yang bisa bermanfaat bagi masyarakat. " Jadi, pesan yang ingin kami sampaikan adalah bagaimana mengajak masyarakat untuk menjaga kebersihan dan keindahan taman Harmoni," tandasnya. (fud/foto: rey)

Berikut adalah daftar pemenang Vlog KIM Competition Dinkominfo Kota Surabaya Tahun 2018 :

a. Vlog Terfavorite                           : KIM MESEM
b. Vlog Cerita Terbaik                      : KIM MERDEKA
c. Vlog Cynematografi dan Editing : KIM SWARAGUNA 

Juara :
1. KIM SWARAGUNA
2. KIM MOJO
3. KIM BAHARI