Kamis, 05 April 2018

Camat Sukolilo saat melakukan pengguntingan pita


KIMMESEM- Camat Sukolilo Dr Kanti Budiarti, S.Sos.,M.Si pada Kamis (05/04/2018) pagi  meresmikan gapura Kampung Keluarga Berencana (KB) di RW 02 Kelurahan Medokan Semampir, Kecamatan Sukolilo, Kota Surabaya.

Dengan didampingi Lurah Medokan Semampir, Petugas Lapangan Keluarga Berencana (PLKB) Kecamatan Sukolilo, LPMK, Babinsa, Binmaspol, Ketua RW, para tokoh agama dan masyarakat, gapura yang telah dibangun oleh Dinas Pengendalian Penduduk Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP5A) Kota Surabaya sejak beberapa minggu yang lalu ini akhirnya secara resmi dilaunching. 

Dalam sambutannya, Kanti mengatakan bahwa terpilihnya RW 02 Medokan Semampir sebagai Kampung KB, salah satunya  adalah karena masyarakatnya yang guyub, aktif dalam pemberdayaan warga dan memiliki kesadaran tinggi dalam membina keluarga. Tak hanya itu wilayah RW 02 ini juga merupakan salah satu wilayah yang mempunyai potensi dibidang pengeloalaan lingkungan dan kebersihan.  Karena kampung ini tak hanya sering menjadi jujugan dan kunjungan tamu domestik saja, tetapi juga mancanegara. "Di kampung ini dikenal sebagai kampung wisata lingkungan, kampung rujak, kampung ukm dan sekarang tambah lagi yakni kampung KB, mudah-mudahan kesejahteraan warga semakin meningkat dan oke" terangnya. 

Ditempat yang sama Sunarsih, selaku Kepala Bidang Pengendalian Penduduk dan KB DP5A Kota Surabaya   dalam sambutannya menjelaskan sesuai dengan program pembangunan (Nawacita) yang telah dicanangkan oleh Presiden Jokowi yaitu membangun Indonesia dari pinggiran untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. "Kampung KB sangat diperlukan di seluruh wilayah Indonesia. Mengingat, keberhasilan program KB akan membantu dalam meningkatkan kualitas hidup manusia dan kesejahteraan keluarga pra-sejahtera untuk menuju yang lebih baik," terangnya.
Sunarsih juga berharap dengan adanya Kampung KB ini dapat menjadi tempat atau sarana meningkatkan derajad kesehatan, pendidikan, ketahanan keluarga dan program di sektor lainnya secara sistemik dan sistematis

Sementara itu Ketua RW 02, Dodik Eko Setiawan mengatakan pihaknya bersama warga siap mendukung program Kampung KB sebagai salah satu cara mewujudkan warga yang lebih sejahtera. "Intinya warga kami disini selalu siap mendukung program pemerintah Kota Surabaya, apapun itu demi kesejahteraan warga," tuturnya. 

Hal itupun diamini oleh Supriono, Lurah Medokan Semampir yang akan mendorong dan melakukan pendampingan secara intens kepada warganya agar upaya peningkatan kepedulian dan peran serta masyarakat melalui pendewasaan usia perkawinan (PUP), pengaturan kelahiran, pembinaan ketahanan keluarga, peningkatan kesejahteraan keluarga kecil, bahagia dan sejahtera, dapat tercapai. 
"Nah, ouputnya kan bagaimana warga atau masyarakat bisa hidup lebih sejahtera melalui program-program yang dimiliki oleh Kampung KB ini, baik mengenai pemerataan pembangunan, kesehatan, pemberdayaan warga dan pemerataan perekonomian ," jelasnya.

Kegiatan yang dimulai dengan menyanyikan lagu kebangsaan, mars kampung KB, sambutan Camat, pemotongan tumpeng dan pengguntingan pita inipun berlangsung meriah dan sukses dengan bantuan dari kimmesem, mahasiswa keperawatan Unair dan para siswa siswi TK Bina Ana Prasa dan Paud Cahaya Hati. (fud/foto: Galuh, Anto').





Camat Sukolilo menyerahkan potongan tumpeng pertama pada Ketua Kampung KB RW 02


Prosesi pemotongan pita gapura Kampung KB RW 02


Antusias siswa TK Bina Ana Prasa Dalam Menyambut Tamu




PLKB Kecamatan Sukolilo, Ibu Lurah Medokan Semampir foto bersama kader Kampung KB RW 02