Warga  Medokan Semampir Kecamatan Sukolilo dihebohkan dengan penemuan ular Phyton pada hari Minggu pagi, 11/03/2018. Ular dengan panjang 3,5 meter tersebut awalnya diketahui oleh seorang petugas Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga dan Pematusan (DPUBMP) yang melihat binatang melata tersebut tersangkut di bucket excavator (baca: alat pengeruk) saat dirinya tengah melakukan pengerukan lumpur di sungai Medokan Semampir.
Sontak, karena kaget ia pun memanggil warga, sejumlah warga yang ada di sekitar lokasi pun langsung menangkap ular Phyton tersebut agar tidak lari dan membahayakan warga. M.Sholeh (47) salah satu saksi dan warga yang berhasil mengamankan ular mengaku tidak terlalu sulit menangkap ular tersebut dikarenakan ular sudah terluka terkena bucket alat pengeruk. Dan, dengan dibantu beberapa warga ular pun akhirnya berhasil dijinakkan dengan menutup kepala sang ular. "Ularnya sudah lemas karena terluka, jadi kami tidak terlalu sulit menangkapnya," ujarnya saat dilokasi.
Menurut keterangan Sholeh, selama ini dirinya mengaku sempat beberapa kali kehilangan ayam miliknya. Apalagi kandang ayam peliharaannya  tepat berada di pinggir sungai dimana ular tersebut ditemukan. Saat ini sang ular pun diamankan dan dikurung di sebuah bangunan kosong miliknya agar tidak lepas dan menjadi tontonan warga. Ia menunggu pihak terkait untuk mengambilnya. (fud/foto: muchid)