Minggu, 25 Maret 2018



KIMMESEM – Pasar Medokan Semampir Minggu pagi, 25/3 terlihat beda dari biasanya. Pasar yang biasanya sepi mendadak dipadati ratusan warga untuk turut mengikuti kegiatan senam aerobic yang diselenggarakan oleh Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Kelurahan (LPMK) Kelurahan Medokan Semampir.  

Senam yang dimulai pukul 06.30 wib tersebut diikuti oleh berbagai lapisan masyarakat, mulai kader lingkungan, PKK, ketua RT, RW, LPMK hingga Lurah. Dengan energik dan penuh semangat, sebagaian besar peserta yang didominasi kalangan wanita dari Senam Smile Club (SSC) dan KIMMESEM pun mengikuti gerakan demi gerakan sang instruktur senam.

Menurut H Achmad Suri, SE selaku ketua LPMK Medokan Semampir mengatakan bahwa kegiatan ini digelar untuk mengajak masyarakat gemar berolahraga dan membiasakan hidup sehat. “ Selain kita mengajak agar warga gemar berolahraga, kegiatan ini juga bertujuan untuk memperkenalkan atau mempromosikan  pasar yang dimiliki oleh warga Medokan Semampir yang selama ini sepi,” terangnya.

Dengan adanya kegiatan tersebut, dirinya berharap agar geliat pertumbuhan ekonomi yang ada di pasar Medokan Semampir kembali hidup. “Ini merupakan pekerjaan rumah yang sedang kami fikirkan, bagaimana caranya membuat pasar ini kembali ramai dan menjadi tempat tujuan warga dalam berbelanja kebutuhan sehari-hari,” tambahnya.
Selain senam aerobic, sambung Achmad, serangkaian kegiatan yang digelar adalah lomba burung berkicau, bazar rakyat dan panggung hiburan.

DEWAN BERI PERHATIAN
Diantara banyaknya warga yang datang pada hari itu, tampak ketua DPRD Kota Surabaya Ir H Armudji, Ketua Komisi A DPRD Kota Surabaya Herlina Harsono Njoto M.Psi dan Anggota Komisi C Erwin Tjahyuadi menyempatkan hadir pada saat cara lomba burung berkicau akan dimulai. Dalam sambutannya, Armudji mengatakan jika dirinya sangat mendukung langkah LPMK Medokan Semampir untuk menghidupkan pasar kembali. “ Saya kira ini bagus dan langkah awal yang patut kita dukung dan mudah-mudahan pasar Medokan Semampir ini bisa ramai lagi,” terangnya didampingi Camat Sukolilo, Dr Kanti Budiarti S.Sos.,M.Si dan Lurah Medokan Semampir Supriono S.Sos., M.Si.

Armudji juga memberikan lampu hijau kepada LPMK Medokan Semampir untuk kembali membuat lomba burung yang lebih besar lagi. “Kedepan, kalo peserta lomba burungnya nanti sampai 2000 peserta, maka saya siap memberikan hadiah dan trophy ketua DPRD Kota Surabaya,” ujarnya yang langsung disambut tepuk tangan oleh para kicau mania.

Hal senada juga disampaikan oleh Herlina Harsono Njoto, wakil rakyat yang dikenal ramah dan sangat pro aktif memperjuangkan hak-hak warga ini juga sangat mengapresiasi langkah LPMK untuk menghidupkan kembali pasar yang selama ini sepi. “ Kalo melihat kondisinya (pasar,red) ini memang ibarat manusia hidup segan, mati pun tak mau. Maka, paling tidak kegiatan-kegiatan semacam ini harus rutin diadakan agar warga semakin tau keberadaan pasar ini, “terangnya.

Untuk dapat menghidupkan kembali pasar sebagai aspek vital perdagangan, Herlina menambahkan, maka diperlukan sebuah penataan dan manajemen yang baik. "Pasar harus mampu menjadi area transaksi perdagangan dengan manajemen yang jauh lebih lebih baik dari sekarang. Mulai dari manajemen suplai barang agar lebih lengkap, kebersihan dan kenyamanan, dan pasar dijadikan sebagai area yang mampu membuat masyarakat untuk datang," paparnya. 

Di akhir kesempatan, Herlina pun didapuk oleh panitia untuk menggantang burung sebagai pertanda bahwa perlombaan burung berkicau yang memperebutkan Trophy LPMK Medokan Semampir telah dimulai.  (fud/foto: fud)




Herlina saat menggantang burung salah satu peserta
Foto bersama para peserta senam
Para peserta senam foto bersama usai acara