KIMMESEM- Satu lagi prestasi Camat di Kota Surabaya membanggakan dalam hal pendidikan. Dialah Camat Sukolilo, Kanti Budiarti S.Sos., M.Si. Disela-sela kesibukannya menjalan tugas sebagai abdi negara,  dirinya berhasil mempertahankan disertasinya didepan tim penguji dan meraih gelar doktor bidang ilmu Pengembangan Sumber Daya Manusia di Universitas  Airlangga, Surabaya, Kamis (15/3/2018). Kanti Budiarti meraih promosi doktor dengan predikat sangat memuaskan. 
Sidang uji promosi doktor ini berlangsung di Aula Pascasarjana Unair. Tampil sebagai promotor yakni Prof. Dr. Suryanto, M.Si yang juga guru besar Unair bidang ilmu Psikologi. 
Kanti, panggilan akrabnya, mempertahankan disertasinya berjudul “Pengembangan Kapasitas Aparatur Sipil Negara Di Lingkungan Pemerintah Kota Surabaya Dalam Mewujudkan Good Governance".
Kanti sengaja mengambil judul tersebut bukan tanpa alasan, dirinya melihat bahwa kebutuhan publik terhadap tuntutan aparatur yang berkinerja optimal sangatlah besar.  Dan dia berharap disertasi ini  memiliki muatan kuat dalam rangka menciptakan aparatur sipil negara yang semakin baik lagi.
Prof Suryanto, juga memuji semangat Kanti dalam menuntut ilmu. Meski di tengah seabrek kesibukan sebagai camat di Sukolilo, namun ia masih bisa menyelesaikan program doktor dalam waktu yang relatif ideal.
“Ini menunjukkan beliau memiliki semangat dalam menuntut ilmu yang patut diapresiasi. Tentu saja kita berharap terus lahir aparatur dengan pola pikir seperti beliau,” katanya.
Sementara itu ditemui seusai ujian, Kanti, tampak tak kuasa menahan haru atas apa yang telah diraihnya hari itu. Secara khusus yang berterima kasih kepada dosen pembimbing yang telah banyak memberi masukan dan kritik yang konstruktif terhadap disertasi yang dibuatnya. Tak lupa, Camat Terfavorit pada Tahun 2017 ini juga mengungkapkan rasa salut atas dukungan keluarga, rekan kerja dan pimpinan yang selama ini banyak mendorongnya untuk terus melanjutkan studi.
Alhamdulillah, dapat predikat yang memuaskan. Terima kasih untuk dosen pembimbing saya. Dukungan keluarga juga luar biasa besar pada saya hingga semua ini bisa saya raih,” akunya.
Turut hadir dalam promosi doktor Kanti Budiarti,  beberapa keluarga besar, para lurah, sekcam Sukolilo, dan sejumlah kerabat.(fud/foto: Erna S. Wulandari)