Camat Sukolilo, Kanti Budhiarti saat memotong pita
KIMMESEM- Meski tidak mempunyai ikon wisata layaknya daerah-daerah pada umumnya, tidak menjadikan kampung Medokan Semampir semakin terpinggirkan. Keberhasilan kampung ini, khususnya wilayah RW II dalam mengubah pola hidup warganya untuk terbiasa hidup bersih dan sehat tampaknya mendapat banyak perhatian dari berbagai pihak, salah satunya dari Camat Sukolilo, Kanti Budhiarti S.Sos, M.Si. Pada saat penjurian Lomba Surabaya Green and Clean 2016 yang berlangsung di RT 02 RW II Jumat (18/11) yang lalu, dirinya atas kehendak warga telah meresmikan kampung ini menjadi “Kampung Wisata Lingkungan” yang ada di wilayah Kecamatan Sukolilo.Menurut Kanti (panggilan akrabnya), dilaunchingnya RT 02 RW II ini sebagai kampung wisata lingkungan diharapkan kedepan warga semakin peduli terhadap kebersihan, keindahan dan kesehatan lingkungannya. “ Dan kalau sudah bicara tentang itu semua, tentu tidak terlepas dari habbit (perilaku,red) warga untuk bersama-sama bagaimana membiasakan diri hidup bersih,” terangnya.

Patung selamat datang RT 02
Mantan Camat Gunung Anyar ini juga menambahkan dengan dilaunchingnya kampung wisata lingkungan ini, warga diharapkan bersiap diri jika sewaktu-waktu ada kunjungan tamu baik dari dalam maupun luar negeri. Dan tentunya, warga juga nantinya bisa mendapatkan dampak positif dari banyaknya kunjungan-kunjungan tamu tersebut. “ Paling tidak, dari banyaknya kunjungan tersebut warga bisa memanfaatkannya untuk memperkenalkan produk-produk ukm yang ada,” tandas Kanti.
Joni Mahendra, salah satu kader lingkungan RT 02 menjelaskan, di kampung wisata lingkungannya ini ada beberapa hal yang bisa ditonjolkan seperti rumah kreatif, rumah komposter, IPAL, cara pembuatan kompos, tanaman hidroponik, tanaman urban farming, tanaman toga, bank sampah, bizz corner farmer dan wisata petik buah Mangga. “ Semua ini adalah hasil kerja keras dan swadaya warga RT 02, yang tanpa kenal lelah mewujudkan lingkungan yang benar-benar berbeda dari biasanya, hidup di kota tapi suasana desa” ujarnya.
Jadi, jika anda yang ingin berkunjung ke kampung wisata lingkungan ini, caranya cukup mudah yakni cukup menghubungi pengurus kader lingkungan di nomor 081334511300 atau 081249245660. (fud/foto:joni)
Gapura selamat datang di kampung wisata lingkungan
Rumah komposter yang di desaign ramah lingkungan

pemandangan gang RT 02
Salah satu sudut komposter





Karang Taruna Penggerak Lingkungan yang selama ini menjadi promotor



Pengurus kader lingkungan RT 02