Berbagai kegiatan dalam rangka menyambut Konferensi Dunia Prepcom III United Nation Habitat PBB di
Surabaya mulai digelar hari ini Sabtu, (23/7). Sebagai gaung pembuka, lomba perahu layar yang diikuti peserta dari berbagai daerah di Surabaya dan sekitarnya berlangsung seru dan meriah di THP (Taman Hiburan Pantai) Kenjeran Surabaya. Ratusan pengunjung pun terlihat antusias dan memadati lokasi kegiatan lomba. Menurut Mudjib, salah satu panitia mengatakan jika lomba perahu layar ini memamg salah satu agenda dalam rangka menyambut UN Habitat.
“Lomba ini berbeda dari sebelumnya, jika biasanya diadakan untuk memperingati hari jadi Kota Surabaya, tahun ini kita selenggarakan untuk menyambut UN Habitat,” kata Mudjib, disela kegiatan kepada Kabar Surabaya.
Lomba yang digelar pada 23-24 Juli 2016 ini diikuti oleh 37 peserta dan dibagi menjadi 6 race. Masing-masing race terdiri dari 6-7 perahu. " Perlombaan dibagi menjadi 6 race, dan diambil juara 1,2,3. Sedangkan tiap perahu diisi oleh 3 orang untuk menarik jangkar, menyeimbangkan kapal, dan mendayung sekaligus menarik layar perahu,"tambah Mudjib. Meski tidak menggunakan motor, laju perahu ini lebih kencang dibandingkan perahu motor.(fud/foto:fud)