KIM MESEM - Kamis, (2/5) wilayah Medokan Semampir khususnya RW 02 kembali dikunjungi oleh wisatawan domestik maupun mancanegara. Peserta yang tergabung dalam Green Cities Roundtable dan dipimpin oleh Mr Xavier dari Asia Foundation ini berkeliling melihat-lihat pengelolaan lingkungan di wilayah yang pernah menyabet gelar Best of the best Merdeka Dari Sampah Tahun 2013. Dalam sambutannya, Mr Xahier mengaku senang dan bangga bisa berkunjung dan melihat-lihat pengelolaan lingkungan di wilayah ini. "Saya senang karena orang-orang disini sudah terbiasa menjaga lingkungan dan kebersihan. Contohnya sudah ada pemisahalan tempat sampah organik dan anorganik, ada komposter, IPAL dan sepanjang saya berkeliling tadi jalannya juga bersih, malah bisa dibuat duduk-duduk," terangnya. 

Memang, selama berkeliling di wilayah RT 06 ini, para peserta terlihat nyaman merasakan keasrian lingkungan ini karena hampir disetiap rumah warga terdapat taman dan pohon sebagai penghijauan. Rombongan tamu pun juga diajak melihat Bank Sampah yang selama ini dijadikan warga sebagai wadah untuk mengubah sampah menjadi barang yang bisa menghasilkan pundi-pundi rupiah. Sementara, Suwandi Ketua RW 02 mengatakan jika keberhasilan lingkungannya seperti sekarang ini tercapai berkat usaha dan kerja keras warganya. 
" Semua ini adalah hasil usaha dan jerih payah warga yang selama ini bergotong royong dan berkomitmen menjadikan lingkungan yang sehat, asri dan nyaman," paparnya. 
Ditempat yang sama, para tamu juga disuguhkna berbagai macam produk atau hasil ukm yang ada di Medokan Semampir seperti tempe, olahan kue dari labu, sinom, serbuk jamu, dan lain-lain. Tak hanya itu, Mr Xavier beserta rombongan juga sangat senang atas sambutan yang diberikan team yel-yel dari kader lingkungan dan kader informasi RW 02. (fud/foto:fud)