POJOK MESEM – Lima Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) yang dinyatakan lolos babak seleksi administrasi akhirnya Kamis, (19/5) memperesentasikan blog dan kegiatan KIM masing-masing di hadapan dewan juri. Sebagai pembuka, KIM Suramadu dari Kecamatan Kenjeran tampil awal dengan memaparkan kegiatan dan desaign blog mereka di ruang rapat Dinas Komunikasi dan Informasi (Dinkominfo) Surabaya. Setelah KIM Suramadu, ganti KIM Bahari dari Kelurahan Sukolilo Baru Kecamatan Bulak yang diwakili bunda Tri tampil secara atraktif dan menarik menjelaskan berbagai kegiatan dan produk KIM mereka kepada Yusti Mustiko, ST, M.Kom, Zaenal Arifin Emka SH dan Nurul Ratnasari M.Si selaku dewan juri.


Secara bergantian, ketiga dewan juri yang berasal dari Dinkominfo dan Akademisi tersebut mengomentari dan memberikan berbagai pertanyaan kepada peserta, mulai dari aspek kegiatan, tampilan dan isi blog, media lain yang digunakan serta bagaimana KIM yang masuk semifinal ini melibatkan anggota dan masyarakat dalam mengelola dan penyampaian informasi.

Dessy, dari KIM MESEM, Kelurahan Medokan Semampir, Kecamatan Sukolilo memaparkan jika KIMnya bekerja sesuai job desk masing-masing. “Ada tim IT, tugasnya mendesaign dan mengatur lay out, tim penggalian informasi bertugas mencari dan mengumpulkan berita, dan ada tim editor bertugas menyunting naskah,” ungkapnya.

Meski baru dibentuk, KIM MESEM telah memiliki sejumlah media lain yakni bulletin, facebook dan mading. Juri pun menyatakan apresiasi pada KIM MESEM lantaran blog, bulletin dan mading yang dimiliki sangat informatif. “ Ini yang baru dinamakan KIM banget, jadi muatan KIMnya benar-benar terasa, informative dan mengena di masyarakat,” cetus Zaenal Arifin, juri dan juga dosen STIKOSA AWS ini.

Sebagai KIM penutup, KIM Gat Media dari Gunung Anyar pun tak kalah menariknya dalam memperesentasikan media online yang dimilikinya. Akhirnya, juri pun mengumumkan 3 KIM yang lolos pada babak final. Yakni, KIM Bahari dengan nilai 206, KIM GatMedia memperoleh nilai 206 dan KIM MESEM berhasil mendapatkan nilai 262. Ketiga finalis tersebut akan tampil pada final LCCK tingkat Kota Surabaya pada 28 Mei mendatang di Taman Bungkul Surabaya. (fud/foto: fud)