Oleh : Rana Kamilia (Kelas VI SD)
          Kader lingkungan cilik RW 02 Medokan Semampir
                                          
Merokok adalah menghisap rokok, suatu kegiatan yang susah dilepaskan oleh para perokok. Adapun dampak bagi perokok aktif adalah meningkatkan resiko penyakit jantung, meningkatkan kadar kolesterol dalam darah, stroke, hipertensi, diabetes dan masih banyak penyakit lainnya.
Sedangkan dampak bagi perokok pasif yang mencengankan adalah pada kenyataannya perokok pasif lebih dirugikan daripada perokok aktif. Resiko perokok pasif sendiri lebih tinggi pada perempuan, anak – anak dan bayi. Pada anak – anak dan bayi, asap rokok dapat menyebabkan asma, infeksi telinga bahkan kematian. Dampak negatif perokok pasif:   Pembentkan lender pada saluran pernafasan secara berlebiha, batuk, iritasi paru paru, nyeri dada, iritasi pada saluran pernapasan dan mata. 
Cara berhenti merokok
Niat Sungguh-sungguh untuk berhenti merokok, belajar membenci rokok, bergaulah dengan orang yang tidak merokok. Sering-sering pergi ke tempat ber-AC, pindahkan semua barang-barang yang berkaitan dengan rokok, jika ingin merokok tundalah sampai 10 menit, beritahu teman dan orang terdekat jika kita ingin berhenti merokok, kurangi jumlah merokok sedikit demi sedikit, hilangkan kebiasaan bengong atau menunggu, konsultasikan pada dokter  agar tau pentingnya kesehatan. Cari pengganti rokok misalnya, permen atau  gula dan coba-coba lagi jika masih gagal.